Setelah membersihkan IAVC, saya masih menemui satu kendala.. saat mesin baru dinyalakan dan mesin belum sepenuhnya mencapai suhu kerja. Saat posisi gear di N (Netral - mobil saya Automatic) makan mesin akan seperti terbatuk-batuk.. setelah memasuki suhu kerja ideal, gejala ini sudah tidak muncul.
Setelah mepelajari lebih lanjut maka kondisi ini berhubungan dengan FITV yang bertugas mengatur stasioner mesin sampai dengan suhu ideal.
Letak FITV berada di bawah Throttle Body (TB), sehingga untuk mempermudah pekerjaan lebih baik melepaskan TB dari Intake Manifold.
|
FITV terpasang pada bagian bawah TB |
|
Bagian bawah TB yg menghubungkan dengan FITV |
Ada 2 baut yang mengunci FITV pada TB, lepaskan kedua baut tersebut dan periksa FITV anda. Pada bagian belakang FITV saya, saya temui pada bagian penutup depan saluran intake tersumbat oleh sisa sisa kotoran yang dibawa oleh air sehingga tidak ada celah sama sekali. Inilah yang menyebabkan FITV saya tidak bekerja sempurna
|
Saluran tersumbat |
Saya mencoba melepas semua bagian FITV (ada 3 bagian - penutup belakang, penutup depan dan valve di dalam)
|
Baut Pengunci |
|
Saluran sudah dibersihkan |
Setelah itu buka bagian belakang FITV, setelah terbuka terlihat di dalamnya ada Valve yang mengatur udara saat suhu mesin belum optimal.. putar berlawanan dengan arah jarum jam bagian dari valve menggunakan obeng minus.. sampai dengan terlepas
|
Putar menggunakan obeng minus |
|
Valve dibongkar |
Lepaskan per valve dari body (ada pengunci di bagian belakang) dan bersihkan seluruh bagian valve, saya membersihkan menggunakan cairan Brake Cleaner. Untuk lebih detil saya mengutip foto foto dari wildoutwhitegsr untuk detil pembersihan valve nya
|
Valve |
|
Putar berlawanan arah jarum jam |
|
Valve sudah terlepas |
|
Bagian valve yang sudah dipisahkan |
|
Rakit kembali valve setelah dibersihkan\ |
|
Bersihkan juga saluran / body valve |
|
Pasangkan kembali keposisi sebelumnya |
|
Kepala valve dilihat dari saluran menuju TB |
Jika stasioner sebelumnya dirasa terlalu tinggi kencangkan valve apabila terlalu rendah agak longgarkan valve. Setelah setelah selesai tutup kembali tutup belakang FITV dan pasangkan body FITV pada TB.
Coba nyalakan mesin dan bandingkan dengan sebelumnya, selamat mencoba :)
ENGLISH
If you experience the same Idle Problem as I did - Lumpy idle (especially on Neutral Gear). Please try to clean your FITV.You could also try to read wildoutwhitegsr's post from Honda-Tech (
*** How-To*** Clean Your FITV aka Fast Idle Thermo Valve). The procedure is completely the same, I even took some of the pic from wildoutwhitegsr's post, another excellent write up
No comments:
Post a Comment