Honda Enthusiast mana yang belum pernah mendengar nama Mugen? Mugen adalah anak perusahaan Honda yang men khususkan diri pada performance part dan body kit untuk mobil Honda.
More on Mugen: http://en.wikipedia.org/wiki/Mugen_Motorsports
Setelah mencari sekian lama, akhirnya saya menemukan foto lengkap katalog Body Kit Mugen untuk Honda CRV RD1. Body kit ini dipasarkan pada tahun 1996 di Jepang, sebelum RD1 mulai menjajah tanah Australia dan Amerika.
Tuesday, March 17, 2015
Air radiator sering berkurang - indikasi Water pump melemah
Beberapa minggu yang lalu ada rekan yang post di Group FB CRV Gen 1, beliau melakukan pergantian water pump. Mungkin hal ini agak sedikit luput dari perhatian kita semua, padahal water pump adalah salah satu komponen yang paling kritikal dalam menjaga suhu mesin.
Adapun indikasi nya:
1. Air radiator sering berkurang
2. Ada tetesan air di dek bawah sebelah kiri (dibawah bangku penumpang)
Silahkan di cek ya rekan rekan
Adapun indikasi nya:
1. Air radiator sering berkurang
2. Ada tetesan air di dek bawah sebelah kiri (dibawah bangku penumpang)
Silahkan di cek ya rekan rekan
Wednesday, March 11, 2015
Honda RD1 Swivel Seat / Reverse Seat
Salah satu fitur paling unik dari CRV RD1 JDM (Japan Domestic Market) - bangku berputar. Ini bertujuan agar CRV dapat digunakan kendaraan rekreasi keluarga sesuai namanya Compact Recreational Vehicle
![]() |
Bracket Seat Rotator |
Tuesday, March 10, 2015
Twitter Kit Honda CRV RD1
Untuk RD1 di Indonesia mungkin aksesoris ini terbilang cukup jarang / langka. Mungkin jika ada rekan rekan yang beruntung mendapatkannya, ini ada manual instalasinya
Twitter Kit Honda CRV RD-1
Year: 2000
P/N 08A54-S10-100
Happy Hunting !! :)
Installation Instruction Download: http://goo.gl/R7PDi5
Twitter Kit Honda CRV RD-1
Year: 2000
P/N 08A54-S10-100
Happy Hunting !! :)
Installation Instruction Download: http://goo.gl/R7PDi5
Sunday, November 24, 2013
Referensi Bengkel (Non-ATPM) - Jakarta Timur (UPDATED 11/03/2015)
Mungkin dari teman teman ada yg membutuhkan referensi bengkel untuk CRV kesayangannya
Bengkel Umum
YANTO MOTOR (YAN'S SPEED)
Jl. Kejaksaan No. 5
Pondok Bambu
Jakarta Timur
Tel. (021) 860-4505
http://yantomotoryanspeed.blogspot.com/
Note: Kualitas kerja cukup bagus, ada waiting area yg nyaman, peralatan standard bengkel resmi, pilihan oli cukup banyak, harga terjangkau
MUCHAR MOTOR (Spesialis Honda)
Jl. H.Sirun Gang Rambo No.1
(dari taman mini ke arah bambu apus, Muter di bawah jalan tol ke arah kp.rambutan ga jauh dari lampu merah).
Tel. (021) 845-2704
Bengkel Umum
YANTO MOTOR (YAN'S SPEED)
Jl. Kejaksaan No. 5
Pondok Bambu
Jakarta Timur
Tel. (021) 860-4505
http://yantomotoryanspeed.blogspot.com/
Note: Kualitas kerja cukup bagus, ada waiting area yg nyaman, peralatan standard bengkel resmi, pilihan oli cukup banyak, harga terjangkau
MUCHAR MOTOR (Spesialis Honda)
Jl. H.Sirun Gang Rambo No.1
(dari taman mini ke arah bambu apus, Muter di bawah jalan tol ke arah kp.rambutan ga jauh dari lampu merah).
Tel. (021) 845-2704
Bengkel Spesialis (Kaki Kaki)
MAESTRO SHOCK
Jl. Raya Jatibening Kincan - Jakarta timur.
(dr arah kalimalang posisinya setelah toko2 yg jual keramik kloset, kanan jalan...)
Tel. 021-33316838 dg Agus
Note: Tempat kecil hanya muat 2 mobil, lebih baik janjian dulu. Harga terjangkau
AUTO PIT (Spooring 3D)
Jl.Kalimalang, Kav Billy Moon Blok E-3A, Jaktim
Tel. 021-8641818/8657707
Note: Dealer Bridgestone, harga agak mahal tapi kualitas bagus
JANTRA KAKI KAKI
Jl Adhyaksa Raya No 2 Lebak Bulus Jakarta Selatan
(seberang bakmi ceker lebak bulus)
Tel: (021) 75905105
Website: www.jantrakakikaki.com
Kaskus: http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011555810/bengkel-rekondisi-kaki-kaki-mobil-shock-absorber-tierod-balljoint-long-tierod/
JANTRA KAKI KAKI
Jl Adhyaksa Raya No 2 Lebak Bulus Jakarta Selatan
(seberang bakmi ceker lebak bulus)
Tel: (021) 75905105
Website: www.jantrakakikaki.com
Kaskus: http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011555810/bengkel-rekondisi-kaki-kaki-mobil-shock-absorber-tierod-balljoint-long-tierod/
Note: Harga kompetitif, rebuild tie rod, long rod, garansi 1 tahun, kualitas kerja bagus
Bengkel Spesialis (Power Steering)
BOTAK SENG
Jl. Jatiwaringin No. 4
Kalimalang (Pangkalan Jati)
Telp. (021) 8661 2476 / 7078 8682
http://www.botakseng.com/
Note: Kualitas kerja bagus, bergaransi, tempat kerja dan hasil kerja agak kotor
Bengkel Spesialis (Air Conditioner)
AUTO ROTARY RAWAMANGUN
Jl. Balap Sepeda No 46A Rawamangun Jakarta Timur
Telp. 021-4723147, 021-98078707
Bengkel Spesialis (Transmisi Automatic)
BERKAH JAYA MATIC
Jl. Raya Tapos Pekapuran No.35
Cimanggis - Tapos Depok
(Exit tol Cikeas / Cimanggis KM19)
Telp. 087884252288
BBM 2766B481
PIC: Kang Asep Zaenal
http://www.berkahjayamatic.com/
Note: Kualitas kerja bagus, bergaransi, tempat kerja dan hasil kerja agak kotor, Owner sangat komunikatif. Harga terjangkau. Menerima perbaikan umum juga.
Bengkel Spesialis (Transmisi Automatic)
BERKAH JAYA MATIC
Jl. Raya Tapos Pekapuran No.35
Cimanggis - Tapos Depok
(Exit tol Cikeas / Cimanggis KM19)
Telp. 087884252288
BBM 2766B481
PIC: Kang Asep Zaenal
http://www.berkahjayamatic.com/
Note: Kualitas kerja bagus, bergaransi, tempat kerja dan hasil kerja agak kotor, Owner sangat komunikatif. Harga terjangkau. Menerima perbaikan umum juga.
Sunday, November 17, 2013
DIY - Problem Idle / Stasioner - Bersihkan sendiri FITV
Setelah membersihkan IAVC, saya masih menemui satu kendala.. saat mesin baru dinyalakan dan mesin belum sepenuhnya mencapai suhu kerja. Saat posisi gear di N (Netral - mobil saya Automatic) makan mesin akan seperti terbatuk-batuk.. setelah memasuki suhu kerja ideal, gejala ini sudah tidak muncul.
Setelah mepelajari lebih lanjut maka kondisi ini berhubungan dengan FITV yang bertugas mengatur stasioner mesin sampai dengan suhu ideal.
Sebagai panduan kembali saya membaca postingan wildoutwhitegsr di forum Honda-Tech (*** How-To*** Clean Your FITV aka Fast Idle Thermo Valve) dimana ini juga dilakukan pada Honda Acura Integra 1996.
Letak FITV berada di bawah Throttle Body (TB), sehingga untuk mempermudah pekerjaan lebih baik melepaskan TB dari Intake Manifold.
![]() |
FITV terpasang pada bagian bawah TB |
![]() |
Bagian bawah TB yg menghubungkan dengan FITV |
Ada 2 baut yang mengunci FITV pada TB, lepaskan kedua baut tersebut dan periksa FITV anda. Pada bagian belakang FITV saya, saya temui pada bagian penutup depan saluran intake tersumbat oleh sisa sisa kotoran yang dibawa oleh air sehingga tidak ada celah sama sekali. Inilah yang menyebabkan FITV saya tidak bekerja sempurna
![]() |
Saluran tersumbat |
![]() |
Baut Pengunci |
![]() |
Saluran sudah dibersihkan |
Setelah itu buka bagian belakang FITV, setelah terbuka terlihat di dalamnya ada Valve yang mengatur udara saat suhu mesin belum optimal.. putar berlawanan dengan arah jarum jam bagian dari valve menggunakan obeng minus.. sampai dengan terlepas
![]() |
Putar menggunakan obeng minus |
![]() |
Valve dibongkar |
Lepaskan per valve dari body (ada pengunci di bagian belakang) dan bersihkan seluruh bagian valve, saya membersihkan menggunakan cairan Brake Cleaner. Untuk lebih detil saya mengutip foto foto dari wildoutwhitegsr untuk detil pembersihan valve nya
![]() |
Valve |
![]() |
Putar berlawanan arah jarum jam |
![]() |
Valve sudah terlepas |
![]() |
Bagian valve yang sudah dipisahkan |
![]() |
Rakit kembali valve setelah dibersihkan\ |
![]() |
Bersihkan juga saluran / body valve |
![]() |
Pasangkan kembali keposisi sebelumnya |
![]() |
Kepala valve dilihat dari saluran menuju TB |
Jika stasioner sebelumnya dirasa terlalu tinggi kencangkan valve apabila terlalu rendah agak longgarkan valve. Setelah setelah selesai tutup kembali tutup belakang FITV dan pasangkan body FITV pada TB.
Coba nyalakan mesin dan bandingkan dengan sebelumnya, selamat mencoba :)
ENGLISH
If you experience the same Idle Problem as I did - Lumpy idle (especially on Neutral Gear). Please try to clean your FITV.You could also try to read wildoutwhitegsr's post from Honda-Tech (*** How-To*** Clean Your FITV aka Fast Idle Thermo Valve). The procedure is completely the same, I even took some of the pic from wildoutwhitegsr's post, another excellent write up
Subscribe to:
Posts (Atom)