Sunday, November 17, 2013

DIY - Problem Idle / Stasioner - Bersihkan sendiri IACV

Sudah sejak lama saya merasa Stasioner CRV saya kurang halus, biasanya setelah gas dilepas RPM akan anjlok dibawah dari settingan RPM stasioner baru kembali. sehubungan sudah waktunya ganti oli 2 minggu yang lalu saya putuskan saya bawa ke bengkel Yanto Motor di daerah Pondok Bambu (atau dikenal juga sebagai Yans Speed). Awalnya hanya berniat ganti oli sekalian cek kualitas kerja, karena sewaktu di cek ada rembesan oli di lobang busi saya putuskan untuk ganti seal sekalian di Tune-Up + Carbon Clean

Setelah di tune-up (tenyata service Throttle Body, dibongkar dan dibersihkan menggunakan DCS Super Engine Conditioner) RPM sudah kembali normal, namun saya merasa masih belum pas. Yang paling parah adalah saat mesin baru menjelang panas, saat dimasukkan ke posisi netral suka seperti batuk-batuk namun setelah mesin panas normal - indikasi ini tidak muncul lagi.

Setelah browsing saya menemukan ada 2 komponen yang berpengaruh ke performa stasioner RPM Honda - IACV (Idle Air Control Valve) dan FITV (Fast Idle Thermo Valve). Baca: Idle Problem - IACV and FITV 

Sebagai panduan saya membaca postingan wildoutwhitegsr di forum Honda-Tech (***How-To Clean*** Your IACV a.k.a. Idle Air Control Valve) yang melakukan pembersihan IACV pada Honda Acura

Di postingan ini saya akan mencoba membagi pengalaman membersihkan IACV (Idle Air Control Valve)


IACV sendiri terletak di sebelah sisi Intake Manifold, tepatnya di belakang Intake Manifold kalau dari depan ruang mesin. Untuk mencapai IACV anda harus melepaskan Air Chamber yg terposisi diatas Intake Manifold. Setelah Air Chamber terlepas IACV akan terlihat jelas.

Air Chamber
IACV
Setelah itu lepaskan IACV dari Intake Manifold, ada 2 baut yang mengunci IACV + 1 socket. Hati hati karet seal nya terlepas

Sebelum proses pembersihan
Jika dilihat ada 2 lubang, yang sebelah kiri adalah lubang Intake - yang kanan adalah lubang Exhaust. Lubang Intake ada semacam kawat yang menahan kotoran masuk.. semakin lama kotoran (karbon) ini akan menumpuk dan akhirnya menyebakan aliran udara ke IACV tidak lancar. 

Saya coba bersihkan saluran ini menggunakan DCS Super Engine Conditioner dan setelah beberapa kali menyemprotkan cairan terihat warna kawat nya mulai terlihat jelas (sebelumya hanya hitam)

Sesudah proses pembersihan
Jika sudah bersih, pasangkan kembali IACV ke tempatnya, jangan lupas tambahkan sedikit sealant untuk mastikan tidak ada kebocoran dari sisi sisi IACV.

ENGLISH
For all of you who wants to try to do this please also reads wildoutwhitegsr post from Honda-Tech (***How-To Clean*** Your IACV a.k.a. Idle Air Control Valve). The procedure is completely the same.

No comments:

Post a Comment